Baru sekarang iseng-iseng cari tahu seberapa populerkah “ARMAN” di Google? Ternyata banyak sekali yang memiliki nama Arman, dan umumnya bukanlah orang Indonesia. Menariknya ternyata di Wikipedia terdapat halaman khusus Arman (name), wah baru tahu nih sampai-sampai masuk wikipedia :-D

Dan subhanallah maasyaaAllah, ternyata nama Arman memiliki arti yang bagus-bagus. Berikut penjelasan singkat yang disadur dari Wikipedia.

Arman adalah varian dan turunan dari nama Herman yang berasal dari Jerman dan Inggris. Makna aslinya adalah “army man” adalah tentara atau prajurit. Di beberapa negara nama Arman memiliki arti yang berbeda-beda. Di Iran dan Afghanistan, Arman adalah nama seorang anak laki-laki yang berarti ideal, harapan, tujuan, atau aspirasi.

Di Armenia, kata Arman berasal dari kata-kata Armenia “ari (արի)” yang berarti berani, aryan, mulia dan Proto-Indo-Eropa “man” yang berarti manusia. Namun, ada interpretasi lain yang dikenal di kalangan orang Armenia juga. Misalnya, orang Armenia (Ar + man). Interpretasi lain adalah bahwa Arman berarti “keheranan, kejutan” dari kata Armenia զարմանք: զ (նախածանց) + + արման ք (հոգնակիակերտ վերջածանց).

Sedangkan di Kazakhstan Arman berarti mimpi, dan di Turki khusus untuk laki-laki bisa berarti orang yang terhormat atau orang yang terpercaya.

Wah… jadi GR, ternyata orangtuaku memberikan nama yang baik sekali ;-)